Makna Lagu "Di Balik Awan" Peterpan

Assalamualaikum…

Di postingan sebelumnya saya menulis tulisan yang terkait dengan makna lagu D’Masiv yang judulnya “Jangan Menyerah”. Nah untuk kali ini saya akan mencoba untuk mengupas sebuah lirik lagu yang mempuyai nilai dan makna. Semoga dapat memberikan manfaat positif minimal untuk diri kita sendiri. Dan semoga juga dapat menginspirasi dalam menjalani setiap detik dalam hidup kita. 

Silakan menikmati


Pernah dengerin lagunya “Peterpan”?? Hemmm.... sekarang udah ganti nama menjadi “Noah”, tapi tetep vokalisya yang ganteng dan keren itu.. Namanya Aril...siapa sih yang gak kenal Aril, pasti semua perempun indonesia mengetahuinya.

Tapi yang akan saya bahas bukanlah vokalisnya, yaitu salah satu lagu dari peterpan yaitu lirik lagu “Dibalik Awan”. Pasti udah banyak yang tau ya lagu tersebut.

Lagu Dibalik Awan menceritakan tentang seseorang yang sudah tidak berdaya dalam menjalani kehidupanya, sudah tidak memiliki kekuatan sama sekali. Walaupun sebelumnya telah mengerahkan seluruh daya upayanya namun ternyata dia tidak memperoleh apa yang ia inginkan. Kenyataan yang ada sangat berlawanan dengan yang diimpikannya.

Yang belum tau ini lirik lagunya....



Dibalik Awan

By Peterpan


Ku tak selalu berdiri

Terkadang hidup memilukan

Jalan yang ku lalui

Untuk sekedar bercerita

Setiap orang pasti mempunyai masa tertentu dimana dia terjatuh karena berbagai hal. Kehidupan ini silih berganti antara tangis dan canda tawa. Dan apa yang orang tersebut sudah kerahkan untuk berusaha ternyata tidak membuahkan hasil apa-apa. Itulah mengapa dituliskan bahwa jalan upaya yang telah dilalui dilakukan hanya sekedar untuk bercerita saja.

Pegang tanganku ini

Dan rasakan yang ku derita

Genggam tanganku ini

Genggam perihnya kehidupan

Sebenarnya di paragrah ini cukup mudah dipahami. Seseorang itu mengatakan bahwa dia menginginkan orang lain memahami kondisinya tersebut. Dan merasakan apa yang sedang dia rasakan.

Apa yang ku berikan

Tak pernah jadi kehidupan

Semua yang ku inginkan

Menjauh dari kehidupan

Saat dia telah mengerahkan segala upaya dalam kehidupannya dan dia tidak pernah mendapatkan apa yang dia ingikan. Apapun usaha yang telah dilakukan ternyata tidak membuahkan hasil dalam kehidupanya. Dan semua yang diimpikan justru menjauh dari kehidupannya.

Tempat ku melihat dibalik awan

Aku melihat dibalik hujan

Tempat ku terdiam tempat bertahan

Aku terdiam dibalik hujan

Pernahkan kalian melihat gumpalan awan?

Pastinya pernah dong, sama saya juga pernah. Tetapi saya hanya bisa melihat awan itu dari sisi yang menghadap ke bumi dan tidak bisa melihat sisi seberangnya yang menghadap ke langit. Terkecuali yang sedang naik pesawat.. Hehehe
Dengan kondisi yang demikian, kita tidak tau bagaimana kondisi dibalik awan yang menghadap ke langit? Sama halnya jika kita imajinasikan kita berada dibalik awan tersebut, tentu kita pun tidak dapat melihat bumi.

Seseorang yang sedang menghadapi banyak permasalahan dan dia igin pergi kesuatu tempat untuk beristirahat sejenak dari masalah-masalah yang dia hadapi. Tempat yang dituju adalah dibalik awan. Sebab dibalik awan, dia tidak dapat melihat bumi, dan otomatis segala persoalan di dalamnya pun menjadi tidak tampak. Kita tahu bahwa awan dapat menghasilkan rintik hujan. Jadi dibalik hujan pun sama penafsirannya dengan dibalik awan.






baiklah dari lirik lagu di atas pasti kalian semua sudah bisa menyimpulkan apa yang ingin saya sampaikan, bukan begitu kawan? Hehehe…
kehidupan itu memang sulit jadi jangan dibuat lebih rumit. Pastinya diantara kita semua memiliki permasalahan yang berbeda. Saat kita merasa semua yang kita lakukan dalam kehidupan kita sia-sia ataupun tidak ada hasilnya dan tidak seperti yang kita ingikan, pasti kita ingin mejauh dari kehidupan yang sedang kita jalani saat ini, ingin berdiam diri dan beristirahat sejenak untuk melepaskan masalah-masalah yang dihadapi.


Tapi untuk teman-teman ataupun sahabat yang mengalami hal yang sama seperti lirik lagu tersebut, sebaiknya lepaskan segala masalah yang sedang kalian alami saat ini dengan bertanya kepada diri kita sendiri apa yang menyebabkan sebuah kegagalan dalam kehidupan ini dan juga kalian bisa intropeksi diri dari sebuah kegagalan tersebut, tapi kalian juga harus ingat dibalik sebuah permasalahan pasti akan ada jalan untuk keluar. Kalian masih punya keluarga,teman, sahabat dan orang-orang yang menyayangi kalian, jadi kalian bisa sedikit bercerita kepada mereka untuk mencari sebuah pemecahan masalahnya. Jadi disaat kalian gagal jangan angap kalian itu sendiri,,, Gagal itu bukanlah akhir dari seglanya dan semoga kegagalan itu menghantarkan kita untuk sebuah kesuksesan kedepanya.

Ini dia Videonya



Udahan dulu ya postingan hari ini…
Budayakan Coment ya kawan,,,






12 Responses
  1. bagus tuh motivasi di ending post .. terus semangat walau menghadapi masalah.


  2. Unknown Says:

    Terimakasih sudah berkunjung di blog saya ..



  3. Unknown Says:

    Sudah baca postingan saya yang lainnya??? kalau belum segera baca yaaa... jangan lupa komentarnya... terimakasih sudah mengunjungi blog saya...




  4. hal hal yg tidak tampak atau kelihatan..


  5. Unknown Says:

    Ku tak selalu sendiri terkadang hidup memerlukan


  6. Krennnn. Lagunya keren banget. Salut deh buat Ariel dkk yang sudah membuat lagu seperti ini. Keren juga pembahasan tentang makna lagu tersebut. Mksi ya admin... Sya kembali mendapatkan inspirasi melalui postingan ini



  7. Unknown Says:

    makna kehidupan, yang selalu bertahan dibalik awan


  8. Gunawan Says:

    Keren..mgkn cara pandang setiap orang berbeda dalam penafsirannya, untuk ini cukup terwakili. good job.. untuk kita jadikan inspirasi dalam kehidupan