Makna Lagu "Saat Terakhir" ST 12



Setiap orang pasti pernah merasakan kehilangan. Saat sesutu yang sangat kita cintai itu pergi ataupun meninggalkan kita. Kita tidak pernah tau kapan seseorang itu akan pergi meninggalkan kita. Seperti saat orang yang kita cintai meninggal dunia, tanpa ada pemberitahuan sebelumnya bukan!!! Atau saat kekasih kita meninggalkan kita secara tiba-tiba tanpa ada sebuah penjelasan dan pemberitahuan sebelumnya.

Saat kita kehilangan atau ditinggalkan oleh seseorang yang kita cintai pasti kita akan merasa sangat sedih. Sama seperti kisah di dalam lagu ST 12 yang berjudul “Saat Terakhir”. Di dalam lirik lagu tersebut menggambarkan betapa sedihnya saat kehilangan orang yang sangat dia cintai.

Dari beberapa untaian kata diatas pasti sudah tau makna lagu apa yang akan saya bahas dalam blog maknalagukeren.blogspot.com ini. Benar sekali, kali ini saya akan membahas sebuah makna lagu yang sangat dramatis yang bisa membuat kita menangis saat mendengarnya, tapi dengerinya saat kita sedih kehilangan yaaa... bukan saat kita bahagia, kalau sedang bahagia kan tidak mungkin bisa menangis.
Langsung saja mari simak lirik lagu ST 12 “Saat Terakhir” dibawah ini beserta maknanya.



ST 12

SAAT TERAKHIR


Tak pernah terpikir olehku
Tak sedikit pun ku bayangkan
Kau akan pergi tinggalkan ku sendiri

Setiap orang mungkin tidak akan pernah berfikir tentang sebuah perpisahan, bahkan membayangkanya saja mungkin tak pernah sedikitpun terintas dalam pikirannya. Apalagi bayangan tentang kesendirian karena ditinggalkan oleh seseorang yang kita cintai.

Begitu sulit ku bayangkan
Begitu sakit ku rasakan
Kau akan pergi tinggalkan ku sendiri

Sangat sulitnya seseorang itu dalam menghadapi kenyataan bahwa seseorang yang dia cintai pergi meninggalkanya. Sangat menyakitkan yang dia rasakan, karena dengan perginya seseorang itu dia akan sendiri dan tak ada lagi yang berarti dalam kehidupanya.

Di bawah batu nisan kini kau tlah sandarkan
Kasih sayang kamu begitu dalam
Sungguh ku tak sanggup ini terjadi
Karna ku sangat cinta

Sebuah kenyataan hidup yang harus dia hadapi walaupun pada awalnya dia tidak pernah membayangkanya sekalipun. Dia benar-benar harus percaya bahwa kenyataan itu benar-benar terjadi, seseorang yang dia cintai telah pergi dan takkan pernah kembali. Kehilangan yang sangat mendalam yang membuat dia seakan tidak sanggup lagi menjalani khidupan ini tanpa orang itu, karena memang dia sangat mencintainya.

Ini lah saat terakhirku melihat kamu
Jatuh air mataku menangis pilu
Hanya mampu ucapkan selamat jalan kasih

Seseorang yang telah dicintainya benar-benar telah pergi meninggalkanya, saat kematian itulah terakhir kalinya dia melihat jasadnya. Duka yang sangat mendalam yang dia alami saat itu yang membuatnya menangis, jiwa dan raganya tersa luluh, dada hampa dari rasa. Tak mampu berkata selain ucapan “Selamat Jalan Kasih.....”

Satu jam saja ku telah bisa
Cintai kamu kamu kamu di hatiku
Namun bagiku melupakanmu
Butuh waktuku seumur hidup

Satu jam saja ku telah bisa
Sayangi kamu di hatiku
Namun bagiku melupakanmu
Butuh waktuku seumur hidup

Dalam kondisi kehilangan yang sangat mendalam, pikiran akan sebuah masa lalu yang pernah dialami, masa-masa indah bersama dari awal sebuah perkenalan hingga mejadikanya sebagai seseorang yang saling mencintai. Dalam sekejap (satu jam) saja telah membuat mereka saling mencintai dan bersama. Namun untuk melupakan semua hal tentang dirinya itu membutuhkan waktu yang sangat lama, bahkan seumur hidupnya. Mungkin memang kepergian orang itu tak tergantikan oleh apapun, oleh siapapun, hanya kematian pula yang mampu menghapus semua memori tentang orang sangat dia cintai.

Sangat sedih saat mendengarkan lagu ini, memang kehilangan seseorang yang sangat kita cintai itu sangat berat untuk dihadapi. Tapi kita memang harus bisa iklas karena sebuah kematian itu takdir Tuhan, tak ada yang bisa merubahnya. Kita harus tetap tegar dalam menghadapi hal seperti ini, lebih baik kita mendoakan orang yang telah pergi meninggalkan kita terlebih dahulu, agar selalu bahagia dan semua amalnya diterima di sisi Allah SWT. Amin

Cukup sekian semoga bermanfaat, dan sekali lagi ini makna menurut saya, setiap orang tentu berbeda-beda dalam memaknai sebuah lagu. Terimakasih....

Mari lihat videonya 



10 Responses
  1. liriknya sangat sedih, saat mendengarkan lagunya itu pasti ngebayangin saat" ditinggalkan oleh orang yang kita cintai , like your post.




  2. ajo Says:

    enak bgt lagu2 st12, thanks


  3. Anonim Says:

    lagu ini mengisahkan bagaimana pasangan ibu bapa yang telah kematian anak mereka selepas satu jam dilahirkan....



  4. Unknown Says:

    Sayang sekali st12 harus pisah



  5. Anonim Says:

    Hmmmmm


  6. Anonim Says:

    A lama eh bu jru buset sedih banget ternyata arti dari lagu ini mengitkan kita pada kehidupan setiap yg bernapas pasti akan mengalami kematian 💪💪